Signalling Radio Bearer (SRB) pada LTE

Signalling Radio Bearer (SRB) digunakan untuk mengirimkan pesan signaling (Control Plane) protokol RRC (Radio Resource Control) dan NAS (Non Access Stratum). RRC message digunakan untuk signaling antara UE dan NodeB sedangkan  NAS More »

RRC State: Idle and Connected

Sama halnya dengan UMTS, Radio Resource Control di LTE digunakan sebagai protokol L3 Control Plane signaling untuk koneksi antara UE dan eNodeB - Broadcast of System Information related to the non-access stratum More »

Bearer Type di LTE

Pada gambar di atas, LTE menyediakan Tingkatan Pembawa (Bearer Hierarchy) untuk End 2 End Service. E2E service dibagi menjadi EPS Bearer dan External Bearer EPS bearer menyediakan konektivitas antara UE dan PDN More »

Daftar 3GPP Specification untuk LTE

3GPP specification seri 36 difokuskan untuk teknologi radio di LTE. Beberapa spesifikasi mempunyai judul yang mirip dengan seri 25 tentang UMTS. Berikut tabel 3GPP Specification untuk memudahkan pencarian khusus. Specification Title 36.101 More »

Teori Doppler Shift pada LTE

Doppler Shift pada LTE dapat mengakibatkan hilangnya ke-Orthogonalitasan sinyal di LTE yang mengakibatkan interferensi, seperti dijelaskan pada bagian ini. Kembali lagi ke pelajaran fisika SMA dulu, kita mengenal adanya efek pergeseran doppler More »

Cyclic Prefix (CP) di LTE

Berdasarkan Wikipedia arti Cyclic Prefix adalah “prefixing of a symbol with a repetition of the end”. Cyclic berarti siklus dan Prefix berarti awalan. Sehingga bisa diartikan cyclic prefix adalah menaruh awalan bit dari sebuah More »

Teknik Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) pada LTE

OFDM merupakan teknik multiplex dengan menggabungkan beberapa frekuensi yang orthogonal/ tidak saling mempengaruhi. OFDM digunakan sebagai modulasi multicarrier di LTE 4G karena efisiensi spektrumnya seperti dapat dijelaskan berikut. Teknologi OFDM berasal dari More »

User Equipment (UE) Category pada LTE

LTE menggunakan category/class dari suatu User Equipment (UE) untuk menentukan spesifikasi kinerjanya. LTE UE Category atau Class diperlukan untuk memastikan bahwa base station, atau eNodeB dapat berkomunikasi dengan UE. Dengan menyampaikan informasi More »

Resource Pada LTE 4G

Pada sistem GSM, resource-nya adalah Timeslot yang terdiri dari 8 Physical TDMA TS per TRX. Pada WCDMA, resource yang digunakan adalah power dan code. Sedangkan pada LTE, kita kenal dengan istilah RB More »

Timing Advance di LTE

Timing Advance Timing Advance (TA) sebenarnya sudah kita kenal di GSM untuk menentukan jarak dari BTS ke tiap-tiap user/MS. Timing Advance menunjukkan besarnya durasi waktu yang diukur untuk sebuah signal terkirim dari BTS More »

 

Teori Doppler Shift pada LTE

Doppler Shift pada LTE dapat mengakibatkan hilangnya ke-Orthogonalitasan sinyal di LTE yang mengakibatkan interferensi, seperti dijelaskan pada bagian ini.

Kembali lagi ke pelajaran fisika SMA dulu, kita mengenal adanya efek pergeseran doppler pada gelombang suara yang dirumuskan dengan:

Efek Doppler Shift

Biar tidak bingung, kita ambil contoh sebagai berikut:

1. Bila ada ambulans dengan arah mendekati kita sebagai pengamat yang diam maka rumus tersebut menjadi:  

doppler sumber mendekati

vr = 0 (karena pengamat diam);
vs = minus (karena mendekati frekuensi yang diterima semakin besar)

2. Bila ada ambulans dengan arah menjauhi kita sebagai pengamat yang diam maka rumus tersebut menjadi:  

doppler sumber menjauhi

vr = 0 (karena pengamat diam);
vs = plus (karena menjauhi frekuensi yang diterima semakin kecil)

Ada beberapa kasus Aplikasi Doppler Shift pada LTE antara lain:

  1. Stationary Transmitter, Moving Receiver.
  2. Moving Transmitter, Stationary Receiver.
  3. Moving Transmitter, Moving Receiver.

Untuk Aplikasi Doppler Shift pada LTE, karena sinyal seluler adalah gelombang elektromagnetik maka kita gunakan kecepatan cahaya sebagai pengganti v (c). Namun diperkirakan pergeseran doppler akan sangat kecil sekali karena kecepatan pergerakan UE yang sangat kecil dibandingkan dengan kecepatan cahaya.

Untuk lebih lengkapnya bisa melihat ke referensi berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>