Monthly Archives April 2013

Teknik Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) pada LTE

OFDM Transceiver

OFDM merupakan teknik multiplex dengan menggabungkan beberapa frekuensi yang orthogonal/ tidak saling mempengaruhi. OFDM digunakan sebagai modulasi multicarrier di LTE 4G karena efisiensi spektrumnya seperti dapat dijelaskan berikut.

Teknologi OFDM berasal dari pengembangan FDM yang dahulu dipakai pada 1G AMPS. FDM memisahkan beberapa sinyal pembawa (carrier) sehingga terdapat frekuensi guardband untuk meminimalisasi terjadinya crosstalk.

Pada OFDM, spektrum frekuensi pembawa overlap satu dengan yang lainnya namun frekuensi-frekuensi tersebut bersifat orthogonal satu dengan yang lain. Gambar berikut menunjukkan perbedaan spektrum antara FDM dan OFDM.

FDM vs OFDM

FDM vs OFDM
Gambar dari diambil dari wirelesstut.com

Pada contoh berikut, 3 buah carrier saling overlap namun tidak menginterference satu d...

User Equipment (UE) Category pada LTE

LTE menggunakan category/class dari suatu User Equipment (UE) untuk menentukan spesifikasi kinerjanya.

LTE UE Category atau Class diperlukan untuk memastikan bahwa base station, atau eNodeB dapat berkomunikasi dengan UE. Dengan menyampaikan informasi LTE UE Category kepada base station, ENB mampu menentukan kinerja UE dan berkomunikasi dengan sesuai.

3GPP Release 8 mendefinisikan 5 UE Category/Class yang bergantung kepada maximum data rate dan kapabilitas MIMO. Pada 3GPP Release 10 ditambahkan lagi 3 UE Category. Gambarannya adalah sebagai berikut:

UE Category in LTE

UE Category in LTE

Resource Pada LTE 4G

1 RB pada domain waktu

Pada sistem GSM, resource-nya adalah Timeslot yang terdiri dari 8 Physical TDMA TS per TRX. Pada WCDMA, resource yang digunakan adalah power dan code. Sedangkan pada LTE, kita kenal dengan istilah RB (Resource Block).

Apa itu RB? Mari kita ikuti penjelasan berikut:

LTE dibagi menjadi domain waktu dan domain frekuensi.

Pada domain waktu, LTE mempunyai radio frame berdurasi 10ms, yang terdiri dari 10 subframe (1 ms). 1 Subframe terdiri dari 2 slot (0.5 ms), sedangkan 1 slot terdiri dari 7 simbol OFDM.

1 RB (Resource Block) pada domain waktu terdiri dari 7 OFDM symbol (normal CP)

1 RB pada domain waktu

1 RB pada domain waktu
Gambar diambil dari LTE/FDD oleh Qualcomm University

Pada domain frekuensi, LTE membagi bandwidth transmisi menjadi beberapa subcarrier dengan lebar 15 kHz.

1 RB (Resource Block) pada domain f...

Timing Advance di LTE

Timing Advance GSM vs LTE

Timing Advance

Timing Advance (TA) sebenarnya sudah kita kenal di GSM untuk menentukan jarak dari BTS ke tiap-tiap user/MS. Timing Advance menunjukkan besarnya durasi waktu yang diukur untuk sebuah signal terkirim dari BTS sampai ke MS/UE. Menurut 3GPP TS 05.10, ketika BTS menerima access burst pada kanal RACH atau PRACH, BTS akan mengukur delay signal tersebut. Delay ini yang disebut Timing Advance.

Nilai maksimum Timing Advance adalah 63, sehingga jika BTS mengukur nilai lebih dari itu maka TA tetap 63. Pengecualian terjadi untuk Feature Extended Cells dimana nilai TA bisa mencapai maksimum 219.

Timing Advance GSM vs LTE

Timing Advance GSM vs LTE

Perhitungan Timing Advance di GSM adalah sebagai berikut:

Di GSM 1 Granularity period menghasilkan distance = 553m
Didapat dari:
Distance = 1/2 * TA * bit-period * ligh...

Teknologi IP di 4G LTE (bagian 4)

IP Network Topology

4. Aplikasi IP DI GSM, UMTS, dan LTE

Seperti disebutkan dalam bagian sebelumnya (baik pada sistem 2G, 3G ataupun 4G) yang sudah memodernisasi jaringannya dari teknologi TDM/ATM ke teknologi IP, maka addressing baik user plane atau pun control plane dilakukan oleh IP address (layer 3) yang di-assign di masing-masing node.

IP Network Topology

IP Network Topology

Untuk UE mendapatkan IP address yang dialokasikan oleh GGSN (PGW di LTE). Sedangkan BTS/NodeB/eNodeB juga mempunyai alokasi IP yang memungkinkan komunikasi antar node.

Pada vendor Huawei, konfigurasi IP address untuk user plane diset di ADD IPPATH sedangkan untuk signaling menggunakan ADD SCTPLNK, sebuah protokol layer transport SCTP (Stream Control Transmission Protocol) ini bisa Anda cari sendiri di Google/Wikipedia...